Tawes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Ikan tawes (Barbonymus gonionotus Bleeker, 1850) adalah ikan sungai yang biasa dimakan orang di daerah Asia Tenggara daratan maupun kepulauan. Ikan tawes tergolong ikan yang digemari sebagai konsumsi ikan goreng. Ukurannya sedang dan telah dibudidayakan di kolam-kolam menurut laporan abad ke-19. Menurut catatan FAO, ikan ini pernah diintroduksi ke Filipina (1956) dan ke India (1972).[1][2] Ikan ini masih berkerabat dengan ikan nilem.

Pieter Bleeker telah mengidentifikasi hewan ini pada abad ke-19 dan memberi nama berbeda untuk yang ditemukan di Indocina (Barbus gonionatus, dengan alternatif Puntius gonionatusBarbonymus gonionatus, serta Barbodes gonionatus, 1850), dan di Jawa (Barbus javanicus, dengan alternatifPuntius javanicus, 1855). Garibaldi (1996) merevisi P. gonionatus sebagai Barbus gonionatus[3], namun Kottelat (1999) merevisi kembali dengan menggabungkan kedua spesies dengan dua spesies lain sebagai satu spesies, Barbonymus gonionatus. Nama terakhir ini adalah nama yang dianggap valid.


Pemerian

Ikan air tawar di daerah Sungai MekongChao PhrayaSemenanjung MalayaSumatera dan Jawa. Ukuran mencapai 40cm. Menyukai daerah dasar sungai mengalir (benthopelagic, potamodromous) dengan kedalaman 15m. Suhu air yang ideal 22-28 °C